‘Nyepi’ going to International..

3 02 2009

wsd
fantastis. salah satu hari raya umat Hindu di Bali yaitu Nyepi menjadi salah satu isu dunia untuk mengurangi emisi karbon. Isu ini mulai mencuat pada kampanye World Silent Day (WSD) yang dilakukan pada konferensi PBB mengenai perubahan iklim (COP 13 UNFCCC) di Bali tahun lalu dan dilanjutkan dengan  Kolaborasi Bali untuk Perubahan Iklim/Bali collaboration on Climate Change (BCCC) COP 14 UNFCCC di Poznan, Polandia pada 1-12 Desember 2008.  Kampanye World Silent Day terinspirasi dari tradisi hening/Nyepi  selama 24 jam di Bali. Nyepi dimaksudkan untuk introspeksi diri bagi manusia dan memberi waktu istirahat bagi bumi dari serbuan aktivitas manusia. Tradisi ini ditawarkan pada komunitas global sebagai solusi mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dalam pelaksanaan Nyepi di Bali, umat Hindu melaksanakan yang namanya Catur Brata Penyepian terdiri atas :

Amati Geni : Tidak menyalakan api

Amati Karya : Tidak melakukan aktifitas

Amati Lelungan : Tidak bepergian

Amati Lelanguan : Tidak bersenang-senang

Walaupun terlihat sangat susah untuk diterapkan karena Nyepi di Bali dilaksanakan karena adat istiadat dari jaman dahulu, sedangkan World Silent Day dibuat oleh forum dunia yang mana kondisinya tidak mengikat. Hari Raya Nyepi di Bali untuk tahun ini jatuh pada tanggal 26 Maret 2009 dan World Silent Day dilaksanakan selama 4 jam dari pukul 10 pagi sampai pukul 2 siang pada tanggal 21 Maret 2009.  Kenapa tidak bersamaan, saya rasa karena Hari raya tidak terlepas dari unsur Agama. Di Indonesia khususnya agama menjadi isu yang sangat sensitif, apalagi Hindu merupakan minoritas. Tapi seperti album ini, ‘Kuat Kita Bersinar’ !


Actions

Information

One response

12 03 2009
logik

Nyepi hanya ada di Bali, lebih merupakan budaya Bali dalam merayakan tahun baru Caka, selama 24 jam mulai jam 6 pagi hingga jam 6 pagi esoknya. Di India nggak ada Nyepi, lha wong nyepi sendiri adalah bahasa Bali.
Mau go international? Biarin. Gitu aja kok repot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: